Alat Bantu Mentalism : Swami Gimmick

Dituliskan dan Dikembangkan dari buku "Master Mentalist" oleh Sigit Prakarsa

The Swami Gimmick

















Swami gimmick adalah sejenis pensil kecil yang diselipkan di ujung kuku ibu jari atau jari yang lainnya , namun paling bagus bila dipakai di ujung ibu jari. Keuntungan penggunaan swami gimmick adalah penonton akan sulit untuk melihatnya karena ukurannya yang kecil. Kerugian penggunaannya adalah swami gimmick bisa terlepas tanpa sengaja . Selain itu, swami gimmick akan bergoyang bila digunakan saat menulis karena tidak ada perekat pada sisi kanan dan kiri gimmick tersebut .


Berikut merupakan beberapa contoh Swami Gimmick :


1. Tipe C



















Alat bantu ini disebut juga "pensil di bawah kuku" atau yang lebih dikenal dengan alat bantu C . Maksudnya , ujung pensil menancap secara kuat pada ujung pegangannya yang nantinya diselipkan pada ibu jari . Swami gimmick tipe C ini merupakan swami gimmick yang paling banyak digunakan. Kelemahan dari tipe ini adalah kesulitan untuk mengganti ujung alat tulisnya


2. Band Writer



















Alat ini terbuat dari logam yang diatasnya ditancapkan alat tulis . Alat ini dibuat supaya pas saat dipakaikan pada ibu jari atau jari lainnya. Sangat cocok digunakan pada ujung jari, Kelemahannya , alat tulisnya mudah patah bila tidak digunakan dengan hati hati. Selain itu, jika anda kurang cakap , maka penggunaannya bisa berbahaya .


3. Overnail Writer
















Jenis overnail writer sangat jarang digunakan. Alat ini mirip dengan swami gimmick tipe C dengan tambahan pengapit agar bisa terkunci pada kuku.

4. Adeshive Writer ( Boon)
Awalnya nama alat ini adalah Boon. Alat ini berbentuk piringan bundar di mana ujung alat tulisnya berada di tengah tengah piringan tersebut . Piringan ini diberi perekat yang nantinya direkatkan pada ujung jari .



5. Thumbtip Nailwriter
Alat ini sangat terkenal di kalangan para pesulap. Alat ini digunakan pada ujung ibu jari. Dengan menempatkan alat bantu ini secara kuat, akan memberikan kendali penuh pada gimmick sehingga penggunaannya tidak menemui kesulitan.



















Selain mengetahui jenis jenis swami gimmick , berikut merupakan hal hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan gimmick .


1. Pastikan konstruksi setiap alat bantu yang digunakan. Bila anda menggunakan sebuah tube
( untuk menancapkan ujung pensil) ujung pensil menancap dengan kuat pada tube.

2. Pastikan bahwa ujung pensil tidak panjang karena jika terlalu panjang akan mudah patah saat mendapat tekanan.


3.Pastikan ujung pensil tidak menembus tube pada saat penggunaan. Jika sampai tembus, maka alat bantu ini tidak ada gunanya. Untuk menghindarinya, lemlah ujung tube dengan lem yang sangat kuat supaya ujung pensil tidak menembus tube .

0 komentar:

Posting Komentar

top