Extreme Headline Prediction

Dikembangkan oleh Sigit Prakarsa

Trik ini tergolong stage trick karena trik ini memerlukan banyak penonton untuk diajak bermain. Selain itu, presentasi yang cukup rumit juga membuat trik ini tidak cocok untuk dimainkan di jalanan.

Trik ini terinspirasi dan merupakan pengembangan dari trik " Perfect Wrong Prediction" di wikumagic.blogspot.com namun saya melakukan dengan cara saya sendiri.

Effect :  Anda menyuruh seorang spec untuk melingkari serangkaian kata dari berita yang telah anda siapkan . Lalu anda menyuruh para penonton untuk masing masing menuliskan 1 kata pada berita yang sama di atas selembar kertas lalu membentuknya menjadi bola. Magician mengumpulkan bola bola tsb. lalu menyuruh spec yang lain untuk mengambil 4 bola secara acak. Dengan bantuan kartu remi, anda dapat menebak secara tepat berapa jumlah huruf dalam bola2 yang dipilih oleh spec. Tidak hanya itu, ketika kata kata tersebut dirangkai, kata kata tersebut sama dengan serangkaian kata yang dilingkari spec pertama kali.

Persiapan :

1. Anda membutuhkan double side envelope ( amplop 2 sisi ). Atau anda juga dapat membuatnya dengan cara memasukan selembar kertas yang seukuran dengan amplop lalu merekatkan sisi sisinya sampingnya pada bagian dalam  amplop .

2. Print out berita di bawah ini sebanyak 2 kali. Setelah itu, perbanyak berita yang sudah di print sesuai dengan jumlah penonton saat show ( Mis. 40 penonton maka anda harus memperbanyak sebanyak 40 kali) .

"INILAH.COM, Jakarta - Kunjungan Presiden AS Barack Obama ke Indonesia 23 Maret 2010 ditunda lagi. Sampai bulan Juni 2010, tak ada jadwal Obama ke Indonesia. Ini merupakan penundaan yang ketiga kali, setelah pada direncanakan Obama akan ke Indonesia pada bulan November 2009 dan Maret tahun ini.

Juru bicara Kepresidenan Bidang Luar Negeri Dino Patti Djalal membenarkan penundaan kunjungan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama ke Indonesia hingga bulan Juni 2010.

Menurut Dino ketika dihubungi di Jakarta, Jumat (19/3) dini hari, pihak Gedung Putih telah menghubunginya secara langsung untuk mengabarkan penundaan tersebut.

"Komunikasinya tidak langsung dari Presiden Obama ke Presiden Yudhoyono. Tapi dari pihak Gedung Putih langsung ke saya," ujarnya.

Kendati demikian, Dino enggan menjelaskan perubahan agenda kunjungan akibat penundaan tersebut serta reaksi Presiden Yudhoyono terhadap penundaan kedatangan Obama itu. "Besok saja saya kasih penjelasan," ujar Dino.

Ia hanya membenarkan alasan penundaan adalah akibat situasi politik di Amerika Serikat, karena reformasi sistem pelayanan kesehatan yang diajukan Presiden Obama belum diloloskan Parlemen.

Sementara, kantor berita AFP dan Reuters telah memberitakan bahwa Presiden Obama menunda kunjungan ke Indonesia dan Australia hingga Juni 2010.

Berita itu mengutip juru bicara Gedung Putih Robert Gibbs yang mengatakan pihak AS telah menghubungi langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta Perdana Menteri Australia Kevin Rudd untuk menyampaikan penundaan tersebut.

Sebelumnya, Presiden Obama dijadwalkan tiba di Indonesia pada 23 Maret 2010 untuk kunjungan kenegaraan selama tiga hari. Kunjungan itu pun telah diundur dari semula direncanakan pada 18 Maret 2010. "

3. Siapkan sejumlah kertas dan pulpen sesuai dengan jumlah penonton ( Mis. penonton berjumlah 40)

4. Buatlah sebuah prediksi bertuliskan " dari pihak gedung putih"

5. Seorang stooge ( asisten magician yang berpura pura menjadi penonton) yang duduk di atas kursi yang sudah disiapkan bola di bawahnya.

6. Siapkan pula 4 buah kertas di mana kertas pertama bertuliskan " dari" kertas kedua bertuliskan " pihak" kertas ketiga " gedung" kertas keempat " putih" . Tandai kertas pertama dengan angka 1 kertas kedua dengan angka 2 dst. tetapi tulisan ini hanya diketahui oleh anda dengan teman anda .

7. Sebuah Spidol kering

8. Kantong hitam yang tidak transparan dengan 2 lubang di dalamnya

9. Masukan 4 bola yang sudah anda siapkan ke dalam 1 lubang dalam kantong

10. Lingkarilah kata " dari pihak gedung putih" ( par. 4 baris ke 2   pada kalimat "tapi dari pihak gedung putih langsung ke saya....") pada satu teks berita lalu masukan ke dalam salah satu bagian amlop yang telah disiapkan. Lingkaran jangan dibuat sempurna dan warnanya harus sama dengan warna spidol yang anda keringkan

11. Satu pak kartu remi dengan urutan kartu terbawah 4 , 5 , 6 , 5 dengan kartu 5 di urutan terbawah.

Presentation :

1. Panggil seorang spec ( bukan asisten anda) . Tunjukan berita yang telah anda siapkan( berita tanpa bulatan) lalu jelaskan secara singkat isi berita tersebut.

2.  Berikan spidol yang telah dikeringkan kepada spec tsb. Suruh ia menutup matanya lalu melingkari serangkaian kalimat dalam berita tsb.

3. Sesudah itu, lipatlah berita tersebut lalu masukan ke dalam amplop. Katakan bahwa baik anda maupun spec tidak tahu apa yang tadi dilingkari.

( Warning : Jangan sampai spec melihat bagian dalam amplop dan melihat kertas berita yang ia lingkari)

4. Katakan pada penonton bahwa anda telah menyiapkan sebuah teks berita yang sama dengan kertas dan pulpen di bawah kursinya. Suruh mereka untuk memilih satu kata dalam berita tersebut , menuliskannya dalam kertas yang diberikan  lalu membentuknya menjadi bola. Bila jumlah penonton sedikit          ( kurang dari 30 orang ) maka anda bisa meminta bantuan spec untuk mengumpulkan bola dari para penonton . Bila jumlah penonton sedikit, anda bisa menyuruh penonton untuk melemparkan bola bola tersebut ke arah panggung lalu meminta bantuan spec untuk mengumpulkan 10 - 15 bola. Apapun yang anda lakukan, masukan bola yang dikumpulkan pada lubang kantong yang tidak berisi 4 bola .

5. Katakan bahwa anda telah menaruh bola secara acak di bawah kursi penonton. Suruh penonton yang mendapat bola ( asisten anda) untuk naik ke atas panggung.

6. Suruh penonton yang baru naik untuk mengambil bola dari dalam kantong lalu mengurutkannya di atas meja.  Yang sebenarnya dilakukan adalah mengambil 4 bola dari kantong yang lain lalu mengurutkannya sesuai dengan nomor yang terdapat pada bola .

( Warning: Jangan sampai angka yang tertera dilihat spec yang satunya)

7. Lakukan riffle shuffle atau pengocokan apa saja yang tidak mengubah posisi 4 kartu terbawah. Setelah itu, bagilah kartu menjadi 4 tumpukan dengan cara kartu pertama ( teratas ) di tumpukan pertama, kartu kedua di tumpukan kedua, kartu ketiga di tumpukan ketiga, kartu keempat di tumpukan keempat, kartu kelima di tumpukan pertama, kartu keenam di tumpukan kedua dst.

8. Suruh  spec kedua( asisten anda) mengambil kartu di urutan teratas dari masing masing tumpukan lalu meletakannya di bawah bola yang telah diurutkan dengan aturan kartu dari tumpukan pertama diletakan di bawah kartu bernomor 1 , dari tumpukan kedua diletakan di bawah kartu bernomor 2 dst.

9. Bukalah kartu tersebut lalu tunjukan angka yang tertera pada kartu. Bukalah pula bola bola yang telah diatur dan tunjukan tulisan di dalamnya. Pasti spec bingung apa kaitannya antara kartu dengan tulisan dalam bola. Jelaskan bahwa kata dari terdiri dari 4 angka sambil mengangkat kartu 4 di bawahnya , kata pihak terdiri dari 5 angka sambil mengangkat kartu 5 di bawahnya dst.

10. Setelah itu, jelaskan bahwa spec 1 ( bukan asisten anda ) telah melingkari serangkaian kata dalam berita di awal show. Bukalah amplop anda dan keluarkan teks berita yang telah dilingkari sebelumnya oleh anda. Kejutkan spec dan penonton bahwa kata kata yang dilingkari spec sama dengan gabungan kata kata dari bola bola kertas tadi.

11. Katakan bahwa anda telah memprediksi apa yang dilingkari spec. Bukalah prediksi anda dan kejutkan semuanya . Nikmati applause dari penonton

Note :

-Banyaklah berlatih dalam hal berkomunikasi dalam trik ini

-Jangan pernah menunjukan bagian dalam amplop, bagian dalam kantong dan tulisan angka pada bola kepada spec atau penonton kecuali spec yang menjadi asisten anda

0 komentar:

Posting Komentar

top